Bahaya Virus Dan Kuman Yang Terdapat Pada Kolam Renang

Rabu, 27 Januari 2016

Bahaya Virus Dan Kuman Yang Terdapat Pada Kolam Renang


Berenang di kolam renang yang dingin di tengah hari yang panas merupakan hal yang tidak bisa ditolak. Entah untuk berolahraga atau bermain air, semua aktivitas yang dilakukan di dalam kolam renang sangatlah menyenangkan. Itulah sebabnya Anda selalu merasa lupa waktu saat bermain di kolam renang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Centers of Diseases Control and Prevention, ada begitu banyak bakteri yang menghuni kolam renang. Penyebabnya apalagi kalau bukan kolam renang merupakan area publik yang terbuka dan begitu banyak orang yang masuk ke dalamnya. Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah bakteri utama berbahaya yang biasa menghuni kolam renang.

Shigellosis
Bakteri ini juga dikenal sebagai disentri basiler yang membuat mereka yang terkena bakteri ini mengalami demam, mual, muntah, kram, dan diare. Dalam kebanyakan kasus yang terjadi, tinja penderita juga mengandung darah dan lendir.

E.coli
E.coli atau escherichia coli merupakan bakteri berbahaya yang menyebabkan diare mulai dari diare ringan hingga diare parah.

Cryptosporidiosis
Bakteri ini sangat tahan terhadap desinfektan kimia yang biasanya digunakan untuk membersihkan kolam renang. Gejala penyakit utama mereka yang terkena bakteri ini adalah kram perut parah, demam, muntah, dan gangguan pencernaan lainnya.

Hepatitis A
Kuman ini sering terjadi di dalam kolam renang yang sistem pembuangan limbah dan lingkungan di sekitar kolam yang tidak sehat. Virus ini sendiri tidak merespon terhadap pengobatan antibiotik.

Pseudonomas
Bakteri pseudomonas menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan infeksi kulit serta telinga iritasi. Bakteri ini sendiri sering tumbuh di lingkungan berair hangat sebab suhu panas akan merusak kemampuan disinfektan dalam membersihkan bahan kimia.

Ternyata ada begitu banyak kuman, bakteri, serta virus yang bisa menghuni kolam renang. Namun hal ini bukan berarti Anda langsung menghapus kebiasaan berenang Anda sebab berenang sendiri merupakan olahraga yang menyehatkan. Hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah langsung membersihkan diri begitu selesai berenang demi meminimalisir pertumbuhan kuman.

0 komentar :

Posting Komentar